Kamis, 27 Juli 2023

Contoh Pidato Bahasa Indonesia "Konsep Diri"

KONSEP DIRI

 

Assalamualaikum wr.wb.

Yang terhormat Bapak Sukasdi selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia dan teman-teman yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah swt. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang ''Konsep Diri''

Konsep diri dapat didefinisikan sebagai keyakinan, penilaian atau pandangan seseorang terhadap dirinya. Setiap orang dapat memiliki konsep diri positif maupun negatif. Orang yang memiliki konsep diri negatif akan memandang bahwa dirinya lemah atau tidak berdaya serta bersikap pesimistis terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Mereka adalah tipe orang yang gagal sebelum berperang, tidak melihat sebuah kesempatan sebagai sebuah tantangan, melainkan sebagai suatu masalah.

Sebaliknya, orang yang memiliki konsep diri yang positif akan memandang kehidupan secara optimis. Mereka penuh dengan rasa percaya diri, siap menghadapi tantangan sekaligus kegagalan yang mungkin sesekali mereka temui. Namun kegagalan itu tidaklah membuat merekamati’, namun kegagalan tersebut menjadi sebuah pelajaran untuk menjadi lebih baik. Dalam hal ini saya ingin menekankan dengan sebuah pertanyaan, “Bukankah sebagai manusia yang diciptakan Tuhan Yang Maha Kuasa kita seharusnya memanfaatkan segala kelebihan yang diberikan oleh-Nya?”

 

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi konsep diri yang pertama yaitu kegagalan.Kegagalan yang terus menerus dialami seringkali menimbulkan pertanyaan kepada diri sendiri dan berakhir dengan kesimpulan bahwa semua penyebabnya terletak pada kelemahan diri. Kegagalan membuat seseorang merasa dirinya tidak berguna. Tidak jarang orang yang merasa dirinya gagal terjebak pada penilaian negatif terhadap dirinya sendiri, misalnya bunuh diri. Bukankah Tuhan sendiri melarang manusia untuk membunuh dirinya sendiri. Dalam hal ini secara filosofis, Tuhan memang menghargai apa yang diciptakan-Nya.

 

Faktor kedua adalah kritik internal, terkadang, mengkritik diri sendiri memang dibutuhkan untuk menyadarkan seseorang akan perbuatan yang telah dilakukan. Kritik terhadap diri sendiri sering berfungsi menjadi regulator atau rambu-rambu dalam bertindak dan berperilaku agar keberadan kita diterima oleh masyarakat dan dapat beradaptasi dengan baik. Faktor ketiga adalah tidak memusuhi diri sendiri, Peperangan terbesar dan paling melelahkan adalah peperangan yang terjadi dalam diri kita sendiri. Sikap menyalahkan diri sendiri secara berlebihan merupakan pertanda bahwa ada permusuhan dan peperangan antara harapan ideal dengan kenyataan diri sejati. Akibatnya, akan timbul kelelahan mental dan rasa frustasi yang dalam serta konsep dirinya makin lemah dan negatif.

 

Faktor keempat adalah selalu berpikir positif dan pasional. Ketika memiliki konsep diri positif, seseorang dapat memiliki rasa percaya diri kuat dan memiliki Inner beauty. Inner beauty atau kecantikan dalam batin adalah cerdas, ramah, murah senyum, dan rendah hati. Kecantikan tubuh akan dianggap lebih berarti jika disertai dengan kecantikan batin. Hanya saja banyak orang yang belum sepakat dengan konsep bahwa kecantikan batin atau inner beauty akan lebih abadi daripada sekedar kecantikan fisik yang akan memudar dimakan usia.

 

Oleh sebab itumarilah kita mengintrospeksi diri kita sendiri. Sudahkah kita menata dan mengembangkan konsep diri kita dengan baik dan benar agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi ?.

Cukup sekian pidato dari saya semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Pidato Bahasa Indonesia "Konsep Diri"

KONSEP DIRI   Assalamualaikum   wr.wb . Yang terhormat   Bapak   Sukasdi   selaku   dosen   mata   kuliah   Bahasa Indonesia dan   teman-te...